Buscar

Páginas

Rahasia Masakan India


Ada sebuah femeo atau semboyan Lain Padang Lain belalang, lain lubuk lain Ikannya. Lain juru masak lain pula rasa masakannya. Femeo ini mengajarkan kepada kita bahwa jangankan antar negara, antar daerah di Indonesia pun jenis masakan masing-masing daerah sangat beragam dan memiliki kekhasan dan keunikan masing-masing.
Resep makanan rendang dari Padang akan berbeda dengan resep makanan rendang dari Pekanbaru. Resep makanan Soto Betawi akan berbeda dengan soto Bandung atau Coto Makasar. Apalagi resep masakan dari India yang sarat dengan rempah-rempah, tentu saja akan berbeda dengan resep masakan dari Indonesia.
Kita akan mengetahui dengan jelas bahwa resep masakan india sangat kaya dengan bumbu adalah dengan mencontohkan resep nasi goreng india. Seperti kita ketahui bumbu atau rempah-rempah untuk membuat nasi goreng secara umum di Indonesia adalah garam, kencur, lada, bawang merah, bawang putih, sedikit pala yang ditumbuk secara halus.
Namun resep nasi goreng dari india tidak cukup dengan itu, akan tetapi harus ditambah dengan bawang bombay, kemiri, ketumbar, ditambah dengan potongan daging asap atau daging kambing yang dipotong dadu. Begitu juga resep makanan India lainnya seperti Kari atau gule kambing yang sama sekali berbeda dengan kari atau gule kambing dari daerah di Indonesia.
Kari atau gule kambing dari india sangat kental dengan rempah-rempah sehingga rasanya sangat menggigit lidah kita.
Jelas bahwa resep masakan India banyak mengandung rempah-rempah yang mencerminkan bahwa India sebagai negara yang banyak penduduknya, lebih dari jumlah penduduk di Indonesia. Lebih dari itu resep masakan India sama serunya dan sama ramenya dengan film India yang penuh dengan gelak tawa dan tangis, tragedi dan komedi  yang bersipat resiprok/ berbalasan.

0 komentar:

Posting Komentar