Buscar

Páginas

Kepulauan Togean


Togean merupakan satu-satunya tempat di Indonesia dengan tiga lingkungan karang berbeda, yaitu barrier, karang pantai, dan atol. Tentu saja semuanya menjadi spot menarik untuk snorkeling atau diving.
Untuk menjangkau kepulauan Togean, kamu bisa lewat Ampanan, Poso, Makassar, Bau-Bau, atau Gorontalo. Perjalanannya memang menelan waktu, pemandangan alamnya membayar lunas segala keletihan di perjalanan.
Togean terdiri dari lima pulau sedang dan sekitar 69 pulau kecil. Bicara keistimewaan, semua yang disuguhkan kepulauan Togean istimewa. Hamparan hutan mangrove dan padang lamun, habitat paus pilot, kima raksasa, lola, ikan pari manta, hiu karang abu-abu, dan tentunya karang yang berwarna-warni. Ada juga puluhan spesies ikan kupu-lupu, menandakan bahwa terumbu karang di kawasan tersebut masih alami dan sehat.
Spot apa saja yang wajib disinggahi? Ada Pulau Batudaka – spot selam dengan pemandangan hutan bakau, Pulau Taipi yang kawasan terumbu karangnya hanya berjarak 5 meter dari garis pantai, Pulau Kundurang yang berair jernih, Pulau Kadidiri yang koralnya menonjol dan 16 kilometer di timur lautnya ada reruntuhan pesawat pembom B24 milik Sekutu dari zaman Perang Dunia II, Pulau Kundurang, dan Pulau Una-Una.

0 komentar:

Posting Komentar